Wisata yuk, ke Nagari Saribu Rumah Gadang

By bahri 14 Jun 2020, 06:59:50 WIB Ekowisata dan Kuliner
Wisata yuk, ke Nagari Saribu Rumah Gadang

Keterangan Gambar : Pemandangan Nagari Saribu Rumah Gadang.


Kawasan Seribu Rumah Gadang adalah nama objek wisata budaya yang terletak di Nagari Koto BaruKecamatan Sungai PaguKabupaten Solok SelatanSumatera Barat. Berjarak sekitar 150 kilometer dari kota Padang, Ibu Kota  Prov. Sumatera Barat atau sekitar 4 jam perjalanan mobil.

 

Dinamakan Kawasan Seribu Rumah Gadang karena di wilayah ini terdapat banyak rumah gadang, rumah tradisional Suku Minangkabau, dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Baca Lainnya :

 

Pada tahun 2017, kawasan ini dinobatkan sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia

 

Kawasan ini merupakan wujud dari perkampungan masyarakat Minangkabau masa lampau, dengan ratusan rumah adat Minangkabau, atau rumah gadang, berjejer di sepanjang jalan perkampungan ini. Sebagian besar rumah gadang kondisinya masih terawat baik. Karena lokasinya yang artistik, kawasan ini pernah dijadikan lokasi syuting film beberapa film layar lebar dan film televisi.

 

Nama lengkap objek wisata ini adalah Kawasan Seribu Rumah Gadang Alam Surambi Sungai Pagu, dinamakan demikian karena kawasan ini terletak di Kecamatan Sungai Pagu. Alam Surambi Sungai Pagu sendiri adalah sebuah wilayah adat di Solok Selatan yang terdiri dari tiga kecamatan. Dahulu, di wilayah ini berdiri Kerajaan Sungai Pagu, dan salah satu peninggalan bendawi kerajaan ini adalah Kawasan Seribu Rumah Gadang.

 

Selain dijadikan tempat tinggal, sebagian rumah gadang tersebut dijadikan homestay bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

 

Wisatawan dapat mengikuti kegiatan sehari-hari pemilik rumah, termasuk belajar memasak kuliner khas setempat, dan mengikuti acara kebudayaan

 

Untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, Pemda Solok Selatan bersama masyarakat telah melakukan revitalisasi secara bersama. Pemda Solok Selatan juga sedang berusaha menjadikan situs tersebut menjadi situs yang dilindungi tidak saja oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) namun juga ENESCO.

 

Selamat Datang di SOLOK SELATAN

 

Artikel ini bersumber dari wikipedia.org





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment